Jumat, 28 Maret 2014

KOMUNIKASI DAN ALAT BANTU

Alat bantu audiovisual dalam pengajaran berdasarkan prinsip penggunaan alat bantu audiovisual, film, slide, filmstrip, tape recorder, televisi, videotape, overhead projector, LCD projection panel, papan tulis, chart, peta, papan planel, pameran dan benda. Posisi alat bantu audiovisual dalam pengajaran adalah sebagai alat bantu untuk menjelaskan materi pelajaran atau konsep yang sulit dimengerti tanpa ilustrasi visual.
Ada beberapa kesalahan persepsi terhadap alat bantu audiovisual. Oleh karena itu, untuk meluruskan masalah persepsi tersebut perlu diperhatikan hal-hal berikut:
1)      Alat bantu audiovisual bukan suatu bentuk pendidikan tersendiri,
2)      Alat bantu visual bukan hanya gambar hidup saja,
3)  Tujuan utama alat bantu audio visual, sejauh dikaitkan dengan pendidikan bukan untuk hiburan,
4)      Alat bantu audiovisual bukan sesuatu yang baru,
5)   Alat bantu audio visual bukan suatu obat mujarab untuk seluruh hambatan dalam pengajaran.
Manfaat alat bantu audiovisual antara lain:
1)      Membantu memberikan knsep pertama atau kesan yang benar,
2)      Mendorong minat,
3)      Meningkatkan pengertian yang  lebih baik,
4)      Melengkapi sumber belajar yang lebih lain,
5)      Membantu variasi metode mengajar,
6)      Meningkatkan/memacu keingintahuan intelektual,
7)      Cenderung mengurangi ucapan dan pengulungan kata yang tidak perlu,
8)      Membuat ingatan terhadap pelajaran lebih lama, dan
9)      Dapat memberikan konsep baru dari suatu diluar pengalaman biasa.
Dalam penggunaan alat bantu audio visual terdapat kriteria yang perlu diperhatikan antara lain:
1)      Alat bantu apa yang dapat dagunakan untuk tugas yang akan dikerjakan?
2)   Alat bantu yang diketahui penggunaannya dengan baik oleh pimpinan atau seseorang yang ditugasi?
3)      Alat bantu apa yang paling siap untuk dipergunakan?
4)  Alat bantu mana yang paling sedikit memerukan waktu dan paling sedikit menyebabkan kebingungan?
5)      Alat bantu mana yang paling murah pengandaannya dan penggunaannya?
6)      Alat bantu mana yang akan memberikan perimbangan dan variasi yang paling baik?
7)      Alat bantu mana yang paing sesuai dengan minat dan pengertian pelajar?
8)      Apakah alat bantu dapat menyajikan materi dengan akurat?
9)      Apakah ada petunjuk untuk menggunakan alat bantu? Dan
10)  Apakah tersedia tempat dan fasilitas yang cocok untuk menggunakan alat bantu tersebut?
Ada beberapa saran yang dapat digunakan untuk menggunakan alat bantu audiovisual antara lain:
1) Bahan yang disajikan dengan alat bantu audiovisual harus mengarah secara langsung ke masalah
2)      Bahan seyogianya hanya disajikan pada waktu yang tepat
3)      Pimpinan yang ada dalam kelompok sebaknya mengetahui segala sesuatunya dalam keadaan siap dan tersusun rapi
4)   Alat bantu sebaiknya mengajarkan sesuatu dan tidak sekedar menayangkan sesuatu
5)      Beberapa alat bantu sebaiknya digunakan, dan
6)   Alat bantu audiovisual sebaiknya digunakan secara hati-hati dan disimpan dengan baik

Komunikasi yang digunakan dalam pendidikan orang dewasa adalah laporan berkala dan surat edaran, berita serta buletin, leaflet, folder dan pamflet.
Laporan berkala adalah laporan yang dikirim secara pribadi kepada orang banyak. Surat edaran sifat pribadinya tiak sama seperti laporan berkala. Surat edaran memfokuskan suatu peristiwa, kejadian, atau keadaan lingkungan. Buletin, leaflet, folder dan pamphlet adalah informasi tertulis mengenai subjek khusus yang panjangnya bervariasi. Kesederhanaan dengan tampilan menarik sebaiknya menjadi kata kunci dalam mempersiapkan buletin, leaflet, folder dan pamflet.
Untuk menulis cepat terdapat tips yang perlu diikuti, antara lain:
a)      Mengetahui pembaca
b)      Mempunyai tujuan dan kejar tujuan itu
c)      Mempunyai rencana dan ikuti rencana itu
Untuk menulis agar mudah dibaca ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
a)      Seperti bercakap-cakap
b)      Gunakan kata-kata pendek
c)      Gunakan kata-kata personal
d)      Gunakan kalimat pendek dan bervariasi
e)      Gunakan paragraph pendek
f)       Susun kalimat secara logis, dan
g)      Cek tata bahasanya


Sumber: Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar