METODE DISKUSI
Metode diskusi merupakan alat yang sangat efektif
jika peserta yang terlibat hanya sedikit. Penggunaan metode diskusi untuk
kelompok yang berjumlah 10 orang atau lebih memerlukan perencanaan yang cermat
dan pimpinan diskusi yang kompeten.
Kang & Song (1984)
mendefinisikan diskusi kelompok sebagai pertemuan atau percakapan antara dua
orang atau lebih yang membahas topik tertentu yang menjadi pusat perhatian bersama.
Diskusi kelompok merupakan strategi belajar mengajar yang tepat untuk
meningkatkan kualitas interasksi antara peserta didik. Ciri kelompok dinamis
menurut Gulo (2002) adalah:
1.
Ada interaksi antara anggota
2.
Ada kepemimpinan
3.
Ada tujuan yang akan dicapai
4.
Ada norma yang diikuti
5.
Melibatkan emosi
1)
Manfaat Diskusi Kelompok dalam Pendidikan Orang Dewasa
Memberikan kesempatan kepada
setiap peserta untuk menyampaikan pendapat, belajar sambil bekerja, mendorong
individu untuk berpikir dan mengambil keputusan.
2)
Memilih Masalah atau Isu
Pemihan topik diskusi dapat
mememngaruhi keberhasilan diskusi, sehingga topik harus dipilih dengan baik dan
harus memenuhi dtandar.
3)
Merencanakan Diskusi Kelompok
Merupakan hal yang baik
dalam merencanakan diskusi untuk membuat daftar masalah atau pertanyaaan yang
akan dimunculkan dan membuat catatan singkat.
4)
Memimpin Diskusi Kelompok
Pimpinan diskusi yang baik
tidak dilahirkan namun dibentuk dan mewarisi sifat-sifat tertentu yang
memengaruhi kepemimpinan yang efektif.
5)
Kualitas Pribadi Pimpinan Diskusi
Kemampuan berbicara dengan
sikap yang informasi, ramah dan bijaksana, memiliki kemampuan berpikir, sabra,
dan tidak memihak.
6)
Tahapan Pemecahan Masalah
Menjadikan anggota sadar
untuk menenmukan pemecahan masalah secara sementara dan pemecahan tentatf dicek
dengan fakta kemudian melakukan perbaikan pemecahan masalah serta mengecek
kesimpulan.
7)
Tahapan dalam Memimpin Diskusi Kelompok
Mempertahankan minat,
melakukan tes pemecahan masalah, memberikan semangat anggota yang
berpartisipasi dan membuat kesimpulan sementara, mempertahankan minat serta
menutup diskusi.
Teknik Khusus dalam Dikusi
Kelompok
a.
Kelompok Huddle
(kelompok-kelompok kecil)
b.
Kelompok Buzz (10-15 orang)
c.
Teknik Phillips “66” (10-20 orang)
d.
Tim Kepemimpinan
·
Pimpinan diskusi
·
Pengamat proses
·
Notulen
·
Narasumber
e.
Tim Pendengar (Tim Perumus)
f.
Permainan Peran (Role Playing)
g.
Curah Pendapat (Brainstrorming)
h.
Permainan Drama (Dramatic Skit)
i.
Diskusi Informal
j.
Debat
k.
Diskusi Mangkuk Ikan (Fishbowl
discussion)
l.
Teknik Kelompok Nominal
METODE DEMONSTRASI
Demonstrasi merupakan metode pendidikan orang dewasa
yang sangat sering digunakan dalam bidang pertanian maupun industri. Demonstrasi
dapat berhasil jika digunakan: (1) pada pengajaran manipulative dan
keterampilan, (2) pada pengembangan pengertian, (3) untuk menunjukkan bagaimana
melakukan praktik-praktik baru, (4) untuk memperkuat penermaan terhadap sesuatu
yang baru dan memperbaiki cara melakukan sesuatu.
Keuntungan Metode
Demonstrasi (Morgan, et, al 1976; Flores,
Bueno & Lapastroa, 1984), antara lain:
a.
Demonstrasi menarik dan menahan perhatian
b.
Demonstrasi menghadirkan subjek dengan cara yang mudah dipahami
c.
Demonstrasi meyakinkan hal-hal yang meragukan
d.
Metode demonstrasi adalah objektif dan nyata
e.
Metode demonstrasi meunjukkan pelaskanaan ilmu pengetahuan dengan
contoh
f.
Demonstrasi mempercepat penyerapan langsung dari sumbernya
g.
Demonstrasi membantu mengembangkan kemampuan
h.
Metode demonstrasi memberikan bukti bagi praktik yang dianjurkan
Keterbatasan Metode Demonstrasi, antara lain:
a.
Demonstrasi yang baik tidak mudah dilaksanakan
b.
Metoe demonstrasi terbatas hanya untuk jenis pengajaran tertentu
c.
Demonstrasi hasil memerlukan waktu yang banyak dan agak mahal
d.
Demonstrasi memerlukan banyak persiapan awal
e.
Demonstrasi menimbulkan iri
f.
Demonstrasi dapat terpengaruh oleh cuaca
g.
Demonstrasi dapat mengurangi kepercayaan jika tidak berhasil
Jenis Metode
Demonstrasi
1.
Metode Demonstrasi Cara (menunjukkan bagaimana mengerjakan sesuatu)
·
Merencanakan Demonstrasi
·
Mempersiapkan Demonstrator
·
Mempersiapkan Pengamat
·
Melakukan Demonstrasi
·
Menganalisis Hasil
·
Menilai Metode Demonstrasi Cara
Ilustrasi dalam demonstrasi cara: dengan motivasi, mengajar dengan
hanya menceritakan, mengajar dengan hanya memperagakan, mengajar dengan penjelasan
yang benar dan memperagakan.
2.
Metode Demonstrasi Hasil (menunjukkan hasil dari beberapa praktik)
·
Merencanakan Demonstrasi
·
Mempersiapkan Demonstrator
·
Mempersiapkan Pengamat
·
Melakukan Demonstrasi
·
Menggunakan Hasil
Sumber: Suprijanto, H.
(2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar