Jumat, 28 Maret 2014

EVALUASI PENDIDIKAN ORANG DEWASA

Evaluasi pendidikan orang dewasa adalah proses menentukan kekuatan atau atau nilai pekerjaan pendidikan atau pembimbing pendidikan orang dewasa. Evaluasi adalah suatu cara mengukur hasil kegiatan pendidikan.
Berdasarkan tingkat formalitasnya, evaluasi dapat dibagi menjadi tiga tingkat, yaitu:
          1)      Evaluasi informal
          2)      Evaluasi semi formal
          3)      Evaluasi formal atau penelitian ilmiah.
Evaluasi berdasarkan tujuan dapat dibagi menjadi:
          1)      Evaluasi formatif, dan
          2)      Evaluasi sumatif.
Suatu evaluasi mempunyai beberapa manfaat, yakni:
              a)      Menentukan patokan awal
              b)      Mengetahui keberhasilan suatu kegiatan
              c)      Mencetak secara periodic efektivitas suatu program
              d)      Memberikan rasa aman kepada pelaksana tugas
              e)      Memberi bukti yang konkret kepada pihak yang terkait
              f)       Meningkatkan sifat professional kepada penerima evaluasi.
Tujuan evaluasi antara lain:
       a)     Untuk menentukan seberapa dekat peserta didik secara individual dan keseluruhan kelas mencaai tujuan umum yang telah ditentukan
       b)      Untuk mengukur tingkat perkembangan yang telah dicapai oleh peserta didik dalam waktu tertentu
       c)      Untuk menentukan efektivitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran
       d)      Untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi peserta didik, instruktur dan mayarakat
Evaluasi mempunyai prinsip-prinsip yang harus diperhatikan, yaitu:
         1)      Mempunyai tujuan yang pasti
         2)      Menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti
         3)      Bukti tentang perubahan dalam diri individu
         4)      Menggunakan istrumen yang berbeda dalam evaluasi
         5)      Kerja sama antara peneliti dan orang yang dinilai kemajuannya
         6)      Tidak perlu mengevaluasi semua hasil pembelajaran
         7)      Evaluasi harus berkesinambungan
Prinsip evaluasi (Frutchey, 1973) yang digunakan untuk meningkatkan mutu pelaksanaan evaluasi antara lain:
           1)      Mengembangkan sikap kritis
           2)      Mengenal bias pribadi
           3)      Melakukan observasi silang untuk menentukan seberapa jauh konsistensinya masalah itu
           4)      Cek lebih jauh untuk menentukan apakah ada perilaku basa-basi
           5)      Pertimbangkan penyebab lain yang mungkin ada
        6)  Berhati-hati untuk tidak hanya membaca observasi yang kita harapkan saja dan mengabaikan interpretasi yang masuk akal
           7)      Dalam mengevaluasi hasil atau produk perilaku, gunakan criteria untuk menilainya
           8)      Cek lebih jauh untuk menentukan apakah hasil atau produk yang diklaim seseorang benar-benar hasil orang itu
           9)      Kenali bahwa banyak perilaku yang saling menutupi satu sama lain
          10)  Pastikan apakah bukti yang kita amati adalah benar-benar bukti yang sebenarnya
          11)  Hindari tergesa-gesa membuat kesimpulan, hendaknya hati-hati dan secermat mungkin

Prosedur evaluasi pendidikan orang dewasa menurut Morgan, et al (1976) terdiri atas lebih kurang tujuh langkah. Ketujuh langkah tersebut tidak selalu diambil dalam setiap mengevaluasi metode, mata pelajaran, atau pencapaian peserta didik. Ketujuh langkah tersebut yaitu:
            1.      Mengecek tujuan
            2.      Memeriksa apa yang dilakukan untuk mencapai tujuan
            3.      Mengumpulkan bukti
            4.      Menentukan sunber bukti
            5.      Menentukan alat untuk memperoleh bukti
            6.      Menganalisis bukti dan
            7.      Menggunakan hasil
Dua ilustrasi evaluasi seperti berikut:
      1.  Lembar Saran Akhir Pertemuan yang dibagikan pada akhir pertemuan untuk mengevaluasi jalannya pertemuan, kelebihan dan kelemahan, serta mendapatkan saran-saran perbaikan untuk pertemuan yang akan datang
Contoh pernyataan yang sering digunakan (Morgan, et al., 1976)
1)      Bagaimana pendapat Anda mengenai pertemuan ini? (pilih satu jawaban)
a)      Jelek
b)      Sedang
c)      Ragu-ragu
d)      Baik
e)      Baik sekali
2)      Menurut Anda:
a)      Apa kelebihannya?
b)      Apa kelemahannya?
3)      Apa saran Anda untuk meningkatkan pelaksanaan pertemuan yang akan datang?
        2.  Kartu Penilaian yang digunakan oleh pimpinan dan peserta diskusi untuk mengevaluasi efektivitas diskusi.

Sumber: Suprijanto, H. (2007). Pendidikan Orang Dewasa: Dari Teori Hingga Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar