Rabu, 09 Maret 2011

Teori JOHARI WINDOWS

Hem.,.,,.
baru tadi waktu kuliah psikologi pendidikan aku tahu tentang JOHARI WINDOWS,..,,.


















Johari window merupakan sebuah arahan yang memberikan kejelasan tentang bagaimana sebaiknya hubungan komunikasi antara manajer dengan staf atau bawahan. Istilah komunikasi banyak dirujuk kepada perkataan latin, "Communicatio" yang berarti pemberitahuan atau lebih tepatnya tukar pikiran. Communicatio tersebut, selidik demi selidik lebih jauh bersumber pada kata communis yang berarti sama. Maksudnya ialah sama makna. Aksioma kesamaan makna, sebenarnya tidak hanya terjadi antara manusia dengan manusia. Antara hewan dengan hewan pun terjadi komunikasi.

Bahkan antara manusia dengan hewan. Namun Johari Window tepat tentang manusia dengan manusia. Johari window mempunyai empat jendela atau ruangan tentang bagaimana sebaiknya manajer berkomunikasi dengan bawahan. Jendela pertama, sebagai bidang terbuka menunukan bahwa aktifitas seseorang disadari sepenuhnya oleh yang bersangkutan, juga oleh orang lain. Ini berarti terdapat keterbukaan atau dengan kata lain tidak ada yang disembunyikan kepada orang lain. Jendela kedua, merupakan bidang buta yang mendeskripsikan aktifitas seseorang diketahui oleh orang ain tetapi dirinya sendiri tidak menyadari apa yang dilakukannya. Jendela ketiga, sebagai bidang tersembunyi adalah lawan dari jendela kedua yaitu dia menyadari aktifitasnya namun orang lain tidak dapat mengetahui. Ini berarti orang seperti demikian bersifat tertutup, ia berpandangan apa yang ia lakukan tak perlu diketahui orang lain. Sedangkan jendela keempat yang merupakan bidang tidak dikena mendeskripsikan tingkah aku seseorang tidak disadari dirinya sendiri dan juga tidak diketahui orang lain. Seorang manajer yang menyadari pentingnya pengembangan komunikasi dengan bawahan akan berupaya memperluas jendela pertama. Mengapa demikian? Karena telah signifikan semakin luas jendela pertama maka semakin terjalin komunikasi yang sehat, terbuka dan timbal balik. Sikap tersebut, juga membuat para tenaga kerja merasa diperlakukan sebagai manusia yang dihargai lantas menimbulkan gairah kerja pada dirinya. Dengan demikian bagaimana hubungan komunikasi sebaiknya antara manajer dengan staf maupun bawahan? Terjawablah sudah dengan cara memperluas jendela pertama. Segarnya udara yang berasal dari jendela terbuka berbeda dengan segarnya udara yang bersumber dari AC.

http://id.shvoong.com/business-management/management/1698756-johari-window/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar