Rabu, 16 Februari 2011

PSIKOLOGI PENDIDIKAN di balik film UPIN & IPIN

        Minggu ini, mata kuliah Psikologi Pendidikan dilakukan secara kelas besar. Materi pembahasan berkenaan dengan media pembelajaran yang ada hubungannya dengan teknologi.

       Metode perkuliahan variasi antara diskusi dan menonton tayangan 'behind the scene'. Fantastik dan Luar biasa, setelah tahu bahwa sesungguhnya di balik cerita kocak UPIN & IPIN tersirat begitu banyak pembelajaran yang terkait dengan Psikologi Pendidikan. Tidak hanya dari Dosen, Internet, dan Buku-buku kita memperoleh Psikologi Pendidikan, tapi melalui tayangan-tayangan animasi seperti GENG ini pun kita memperolah Psikologi Pendidikan. Kita semua tahu, bahwa sejak kita dilahirkan kita telah mengenal dan mengetahui serta memperoleh Psikologi Pendidikan. Hanya saja kita belum memahami betul dari mana saja kita memperolehnya. TERIMA KASIH banyak buat dosen pengampuh Psikologi Pendidikan saya, yang sangat luar biasa mengajak kami semua untuk memahami dari mana saja pun kita pasti bisa mendapatkan Psikologi Pendidikan.
        Sekilas jika kita tonton dan disenangi, tidak akan kita sadari ternyata film GENG UPIN & IPIN : Pengembaraan Bermula menyimpan begitu banyak hal yang dapat kita jadikan pembelajaran tentang Psikologi Pendidikan. Para tim memiliki kemampuan yang sangat luar biasa, menciptakan banyak karakter yang unik dan sebagian besar dari mereka menjadi pelakonnya langsung. Peralatan yang mereka gunakan menjadi teman sejati mereka selama proses pembuatan film ini. Semua alat yang mereka gunakan adalah teknologi yang canggih, menjadi pendukung untuk menciptakan kreasi animasi yang memukau banyak individu. Banyak pembelajaran yang disampauikan kepada kita melalui film animasi ini. Kalau kekompakkan dan kerja sama tim itu sangat dibutuhkan untuk menciptakan hal yang luar biasa.
Jika kita melihat bagaimana proses pembuatannya, kita akan menemukan begitu luar biasanya usaha keras, kerja sam tim yang saling mendukung, dan yang paling luar biasa adalah kesabaran mereka saat membuat film tersebut. Kebayang kan selama hampir 3 tahun proses pembuatannya, selama itu segala usaha dan kerja sama mereka bangun untuk menciptakan film animasi yang dapat kita nikmati hanya dengan durasi 90 menit. Kita patut bangga punya tetangga yang mampu menciptakan film animasi seperti itu, semoga kita termotifasi untuk menciptakan hal yang juga kuar biasa fantastiknya.
 
Saya berharap teman-teman pembaca semua mau memberikan masukan buat komentar saya ini, dengan harapan dapat menjadikannya lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar