Senin, 14 Februari 2011

MULTIMEDIA DALAM PENDIDIKAN

Seberapa jauhkah peranan multimedia dalam memberikan pengaruh dalam pendidikan,,,???
 

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat cepat, berbagai perubahan dalam masyarakat yang semakin terbuka dan memiliki kompetisi yang tinggi, menuntut adanya peningkatan kualitas pendidikan. Kehadiran multimedia sebagi salah satu produk TIK di bidang pendidikan disambut gembira, karena peranannya dalam membantu mencapai tujuan pendidikan. Teknologi multimedia diharapkan mampu mengatasi kendala dalam proses belajar mengajar dengan dikemasnya program-program pendidikan dalam media berbasis TIK. Multimedia juga merupakan media pembelajaran dan pembelajaran yang efektif dan efisien berdasasrkan kemampuannya menyentuh berbagai panca indra. Memberikan berbagi jenis fasilitas untuk lebih mempermudah melakukan aktifitas dan segala sesuatu dalam meningkatkan mutu serta kemajuan pendidikan. 
Dalam segala aspek bidang pendidikan sangat dibutuhkan sebuah perencanaan, denmkian pula halnya dengan pemanfaatan multimedia. Perencanaan adalah aspek penting untuk menjadi seorang pendidik yang kompeten. Perencanaan Instruksional adalah pengembangan atau penyusunan strategi sistematik dan tertata untuk merencanaan pelajaran. Pendidik perlu menentukan seperti apa proses belajar mengajar yang akan dilaksakan dengan menggunakan teknologi multimedia. 
Penggunaan multimedia sebagai salah satu media berbasis TIK dalam pendidikan berkembang melalui 3 tahap: 
1. Penggunaan Audio Visual Aid (AVA)
Penggunaan AVA yaitu alat bantu berbentuk audio (memanfaatkan pendengaran) dan visual (memanfaatkan penglihatan).
2. Penggunaan materi-materi berprogram
Materi pembelajaran merupakan materi pembelajaran yang diambil dari subject matter. Materi pembelajaran ini dipecah ke dalam unit kecil, selanjutnya diprogram sesuai dengan perangkat yang digunakan.
3. Penggunaan Komputer Dalam Pendidikan
Peningkatan produktifitas dapat dicapai melaluui penggunaan teknologi. Perkembangan teknologi telah mengubah masyarakat dari induatri menjadi informasi, ditandai dengan tumbuh dan berkembangnya masyarakat berpendidikan yang berbasis teknologi informasi atau komputer baik dari segi software maupun hardware.




Ini adalah kenyataan yang sedang terjadi di dunia pendidikan pada saat ini. Bahwa multimedia yang merupakan salah satu media berbasis TIK memberikan kontribusi yang cukup besar dalam meningkatkan pembelajaran dan proses pembelajaran. Sungguh sangat disayangkan jika kita tidak membuka diri kita untuk siap menggunakan segala jenis teknologi yang selalu menjadi media untuk memperoleh informasi. Semoga semua para pendidik dan anak didik mampu sedemikian rupa menggunakan media informasi dalam bidang teknologi, sehingga tidak terjadi penyimpangan-penyimpangan yang mungkin akan menimbulkan dampak negatif bagi penggunanya.


SUMBER:
Dr.Munir, M.IT. 2010. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung : Alfabeta.
PSIKOLOGI PENDIDIKAN edisi kedua. John. W. Santrock. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar