Sabtu, 26 Oktober 2013

TESTIMONI PROSES UTS PSIKOLOGI BELAJAR

      Malam ini akan menjadi sebuah pengalaman yang tidak akan pernah bisa saya lupakan. Bagaimana mungkin saya bisa melupakan keadaan dimana saya harus mencoba tetap berkonsentrasi dengan kondisi lingkungan yang tidak kondusif (online diluar karena modem lagi bermasalah). Bersamaan dengan kondisi saya yang kurang fit membuat konsentrasi saya pun jadi ikut terganggu. Namun, terlepas dari keadan itu semua, saya mengucapkan banyak terima kasih kepada dosen pengampu mata kuliah Psikologi Belajar yang  beberapa minggu dengan sabar membimbing kami untuk bisa menikmati setiap proses pembelajaran di dalam kelas. Melalui berbagai bentuk metode yang telah dilakuakan secara perlahan memang belum terlihat mengubah kondisi kelas, tapi semua butuh waktu dan proses yang tidak mudah.
      Semester ini UTS Psikologi Belajar dilakukan dengan metode "via E-mail". Bu Dina akan mengirimkan 3 buah soal kepada semua peserta mata kuliah Psikologi Belajar. Untuk soal pertama, Ibu Dina mengirimkannya kepada seluruh peserta dan disertai dengan tata cara menjawab pertanyaan. Selanjutnya, untuk pertanyaan kedua (setelah menjawab soal pertama dan mendapatkan respon dari Bu Dina) dan ketiga akan (setelah menjawab soal kedua dan mendapatkan respon dari Bu Dina) diberikan secara individu. Jika dikaitkan dengan teori belajar belajar, maka proses yang terjadi saat UTS Psikologi Belajar semester ini merupakan sebuah proses yang kompleks (secara keseluruhan) dari tokoh Gestalt. Metode UTS semester ini dilakukan karena hasil diskusi bersama seminggu yang lalu, dan ada beberapa pilihan yang diberikan oleh Bu Dina untuk kami pilih dan didiskusikan secara bersama-sama. Keputusan yang terjadi bukan karena keputusan sepihak saja (dari Bu Dina atau dari kami para mahasiswa) melainkan sebagai hasil diskusi dengan mempertimbangkan berbagai kondisi (waktu dilakukannya UTS, bentuk pertanyaan yang akan diberikan). Secara keseluruhan, proses UTS yang kami lalui pun terjadi dengan begitu kompeks. Bu Dina mengirimkan soal dan akan meresponnya. Apapun bentuk respon yang diberikan akan menjadi masukan serta pedoman untuk menjawab pertanyaan selanjutnya sesuai jawaban yang sebelumnya kami berikan. Dengan kondisi yang semakin mendesak seperti malam ini, Bu Dina harus berusaha dan menyelesaikan semua pembagian soal dnegan baik. Semoga kami semua yang belum menyelesaikan tugas UTS ini bisa menerima konsekuensi dan belajar untuk menjadi lebih dewasa lagi dalam bertindak.
      Apapun hal yang telah saya lewati selama proses UTS ini, yang terpenting bagi saya adalah proses yang saya lalui ini membentuk dan menjadikan saya untuk lebih dewasa dalam memahami setiap keadaan baik agar tidak menghambat prosesnya sehingga berjalan dengan baik. Dengan harapan, apa yang saya kerjakan dalam menjawab semua pertanyaan UTS Psikologi Belajar sudah bisa dikatakan sebagai sebuah usaha yang maksimal dan semoga sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Bu Dina. 
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar