Jumat, 20 Juni 2014

Testimoni Perkuliahan Andragogi

      Kelas Andragogi merupakan kelas yang cukup menyenangkan, banyak pengalaman dan pembelajaran yang saya peroleh. Selama lebih kurang enam bulan atau satu semester ini saya telah mengikuti perkuliahan dan proses belajar mengajar di kelas mata kuliah Andragogi. Banyak suka maupun duka yang saya rasakan. Sukanya itu ketika setiap kelompok menampilkan performanya, ada kelompok demonstrasi, pelatihan dan juga kelompok diskusi. Sementara dukanya adalah ketika kami tidak menjalankan tanggungjawab dan komitmen untuk membaca materi perkuliahan sesuai dengan kontrak sebelum memulai proses belajar mengajar di dalam kelas. Selan itu juga kami yang kurang aktif dikelas membuat dosen pengampu harus benar-benar bersabar dan berusaha untuk tetap memaafkan perbuatan kami tersebut. Saya pribadi merasa bahwa saya masih kurang bertanggungjawab sebagai seorang mahasiswa yang mengambil mata kuliah Andragogi, namun sebisa mungkin dan semaksimal mungkin saya tetap berusaha memberikan yang terbaik. 
      Suasana perkuliahan mata kuliah Andragogi masih kurang menunjukkan bahwa para pesertanya adalah orang-orang dewasa yang sedang belajar menjadi seorang dewasa yang baik. Kurangnya minat, komitmen, dan keuletan membuat suasana belajar mengajar menjadi pasif dan cenderung "naik turun hilang timbul" seperti gelombang laut. Terkadang kelas bisa terasa sangat "hidup", dalam artian peserta perkuliahan aktif dalam berargumetasi dan merespon pernyataan-perntayaan yang diberikan oelh dosen pengampuh. Namun, ada kalanya suasana kelas seperti "api" yang harus ditiup, dijaga agar tidak padam, dalam hal ini dosen pengampu berusaha memberikan pengarahan, "memancing" para peserta didiknya agak mau aktif. 
      Namun secara keseluruhan saya merasa kelas mata kuliah Andragogi sudah membantu saya untuk menjadi seorang mahasiswa yang bertanggungjawab, sosok seorang dewasa yang benar-benar bisa dewasa dalam menjalankan setiap tugas dan tanggungjawab yang diberikan.
      Terimakasih kasih banyak saya ucapkan buat dosen pengampu yang telah memberikan waktunya untuk mendampingi kami selama proses belajar mengajar berlangsung. Terimakasih banyak juga buat kesabaran dan pengertiannya selama ini saat kami melakukan kesalahan dan tidak melakukan semua tanggungjawab kami dengan baik. Semoga setelah kelas Andragogi ini berakhir kami bisa menjadi mahasiswa yang benar-benar bertanggungjawab dan berkomitmen dengan status kami sebagai seorang dewasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar