Selasa, 26 April 2011

Psikolog PENDIDIKAN vs Psikolog SEKOLAH

Psikologi sekolah hampir sama dengan psikologi pendidikan, Psikologi sekolah mempelajari masalah belajar dan emosional pada tiap anak. Apabila kamu mengambil jurusan Psikologi Pendidikan bidang ini yang akan kamu pelajari lebih dalam, psikologi pendidikan bersifat lebih umum dan berfokus pada proses belajar dan mengajar, misalnya dengan melakukan riset entang metode pendidikan atau pengajaran dan membantu membimbing para guru dan ahli psikologi sekolah.
Psikolog sekolah dan pendidikan tugasnya adalah memberikan pelayanan psikologi bagi siswa, guru maupun elemen lain dalam lembaga tersebut. Aktivitas umumnya, yaitu sebagai konselor, memberikan saran-saran dan pertimbangan dalam penyusunan kurikulum dan program sekolah dengan memperhatikan dan menerapkan prinsip-prinsip psikologi dalam bidang pendidikan.

A.      PSIKOLOG PENDIDIKAN
Psikolog pendidikan, biasanya ditempatkan di sekolah-sekolah umum maupun swasta dari berbagai jenjang (play group hingga SMA). Psikolog pendidikan memiliki andil dalam merancang kurikulum pendidikan yang disesuaikan dengan usia perkembangan anak. Selain itu, psikolog pendidikan berperan untuk senantiasa memonitor perilaku anak didik di lingkungan sekolah, keluarga ataupun masyarakat melalui komunikasi dua arah dengan orang tua anak.
Tugas seorang psikolog sekolah adalah harus peka dan dapat membantu menyelesaikan permasalahan-permasalahan internal yang dapat menghambat proses belajar dan pencapai prestasi siswa. Di samping itu harus dapat menjadi partner bagi guru BK (bimbingan karir), yang notabene dituntut lebih aktif tampil di depan kelas untuk membimbing siswa dalam proses pengembangan diri dan karir.

 TUGAS dan PERAN Psikolog Pendidikan :
  • menilai  belajar  dan  kebutuhan  emosional  dengan mengamati  dan konsultasi dengan tim multi-lembaga untuk memberikan saran tentang pendekatan terbaik dan ketentuan untuk mendukung pembelajaran dan pengembangan;
  • mengembangkan dan mendukung program pengelolaan terapi dan perilaku;
  • merancang dan mengembangkan kursus untuk orang tua, guru dan lain-lain yang terlibat dengan pendidikan anak-anak dan remaja pada topik-topik seperti bullying;
  • merancang dan mengembangkan proyek-proyek yang melibatkan anak-anak dankaum muda;
  • menulis laporan untuk membuat rekomendasi formal tentang tindakan yang akan diambil,termasuk pernyataan formal;
  • menasihati, negosiasi, membujuk dan mendukung guru, orang tua dan profesionalpendidikan lainnya;
  • menghadiri konferensi kasus yang melibatkan tim multidisipliner tentang cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan sosial, emosional, perilaku dan pembelajaran anak-anak dan kaum muda dalam perawatan mereka;
  • mengutamakan efektivitas: konteks dan lingkungan yang mempengaruhi perkembangan anak dipandang sebagai semakin penting;
  • penghubung dengan profesional lain dan memfasilitasi pertemuan,  diskusi dan kursus;
  • mengembangkan dan meninjau kebijakan-kebijakan;
  •  melakukan penelitian aktif;
  • merumuskan intervensi yang berfokus pada penerapan pengetahuan, keterampilan dan keahlian untuk mendukung inisiatif lokal dan nasional;
  •  mengembangkan dan menerapkan intervensi yang efektif untuk mempromosikan kesejahteraan psikologis, sosial, perkembangan emosi dan perilaku dan untuk meningkatkan standar pendidikan.
B.      PSIKOLOG SEKOLAH
Adakalanya persoalan siswa yang berat tak bisa ditangani dengan baik oleh guru bimbingan konseling (BK), peran ini bisa diambil alih oleh Psikolog sekolah. Sebab, persoalan yang berkaitan dengan kejiwaan siswa memang menjadi peran seorang Psikolog sekolah. Contohnya Kalau ada permasalahan anak-anak yang tidak bisa diselesaikan, karena anak stress atau depresi atau suatu hal yang bersifat kejiwaan biasanya psikolog yang menyampaikan.
Peran psikolog sekolah sangat menentukan bagi peningkatan kualitas sekolah karena mengingat problem sekolah saat ini sangat luas dan kompleks. Peran Psikolog sekolah yaitu harus mampu meningkatkan kualitas sekolah, istilahnya supaya sekolah itu bermutu dengan baik. Sehingga seorang Psikolog sekolah sebagai salah satu pelaku pendidikan haruslah seorang profesional. Psikolog sekolah bisa memberikan penilaian intelegensia guru, inovasi guru dalam mengajar, dan lain sebagainya.

TUGAS dan PERAN Psikolog Sekolah :
  • Berkonsultasi dengan guru, orang tua, administrator, dan masyarakat penyedia kesehatan mental tentang belajar, sosial, dan masalah perilaku.
  • Terlibat dalam kegiatan sekolah dalam aktivitas menyehatkan.
  • Membantu pendidik dalam membuat suasana  aman, kelas sehat dan lingkungan sekolah yang tenang.
  • Mengajarkan parenting skill, strategi pemecahan masalah, penyalah gunaan obat obatan terlarang, dan topik lainnya yang berkaitan dengan kesehatan sekolah.
  • Melakukan penelitian tentang instruksi yang efektif, manajemen perilaku, program-program sekolah alternatif, dan intervensi kesehatan mental.
  • Menilai dan mengevaluasi berbagai masalah yang berkaitan sekolah dan aset anak dan remaja di sekolah yang ditugaskan.
  • Intervensi langsung dengan siswa dan keluarga melalui konseling individu, kelompok pendukung, dan pelatihan keterampilan.
  • Sajikan sebagai anggota tim interdisipliner untuk memenuhi kebutuhan siswa berisiko dan untuk melayani kebutuhan siswa penyandang cacat melalui penilaian pendidikan khusus, kelayakan, dan proses penempatan. 
  • Mengkomunikasikan hasil evaluasi psikologis untuk orang tua, guru, dan lain-lain sehingga mereka dapat memahami sifat kesulitan siswa dan bagaimana untuk melayani kebutuhan siswa.
  • Melakukan pencegahan krisis dan layanan intervensi.
  • Bekerja dengan berbagai masalah emosional dan akademik mahasiswa.
  • Boleh melayani satu atau beberapa sekolah di sekitar daerah sekolah atau bekerja untuk sebuah pusat kesehatan mental masyarakat dan / atau dalam lingkungan universitas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar