Senin, 31 Januari 2011

FENOMENA PENDIDIKAN : mereka ramai-ramai ke homeschooling

Apakah metode dan model mengajar yang efektif para pendidik di sekolah secara formal sama dengan para tutor di homeschooling?
Sampai detik ini saya secara pribadi masih bingung dengan yang namanya homeschooling, benar-benar bingung.
Apakah ijazah mereka para penganut homeschooling sama atau berbeda dengan kita yang penganut sekolah formal??
Gimana cara tutor memberikan penilaian terhadap hasil belajar mereka penganut homeschooling, kurikulum apa yang digunakan???
Dan yang terpenting masalah UJIAN NASIONAL.,.,.apakah mereka mengikutinya juga dengan cara homeschooling????

Homeschooling alias sekolah-rumah sudah mulai menjadi pilihan yang menarik bagi masyarakat dalam mendidik anak. Sejumlah tokoh, mulai dari dramawan kawakan seperti N Riantiarno sampai anggota DPR, mulai melirik model belajar tersebut untuk anak-anak mereka. Seniman teater N Riantiarno tadinya sama sekali tidak mengenal apa itu homeschooling atau sekolah-rumah. Sampai kemudian salah satu putranya, Gagah Tridarma Prastya, makin merasa tak cocok dengan tempatnya bersekolah di sebuah SMA negeri di Jakarta. “Anak saya sepertinya mengalami banyak masalah dalam belajar. Motivasinya agak berkurang sejak SMP. Padahal, waktu SD, Gagah terbilang pandai dan sangat menyukai pelajaran. Saya bukannya mengatakan sekolah formal buruk, tetapi sepertinya ada yang tidak bisa dipenuhi sekolah formal bagi anak saya,” kata Nano, sapaan akrabnya. Keluarganya kemudian menghubungi komunitas sekolah-rumah yang dikelola Kak Seto dan mengajak Gagah ke tempat berkumpulnya anggota komunitas Homeschooling Kak Seto di Sekolah Lanjutan Perwira Polri, Jakarta Selatan. Nano melihat di sini ada perbedaan besar dalam mendekati anak. “Begitu berkumpul, tutor bertanya, mereka hendak belajar apa hari ini. Luar biasa, kan? Anak-anak yang menentukan hari itu akan belajar apa. Saya melihat daya kreatif yang diutamakan. Ada pemberian teori dan kunjungan ke lapangan, lalu didiskusikan apakah terjadi penyimpangan,” katanya.
Keputusan pindah model pendidikan bukannya mudah, terlebih lagi ke sekolah-rumah. Kalau di sekolah formal yang bertanggung jawab ialah sistem, sekolah, dan guru, pada sekolah rumah kesuksesan benar-benar berada di tangan anak dan keluarga. Anak-anak yang ikut pendidikan model sekolah-rumah bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri. Oleh karena itu, sebelum memutuskan pindah, Nano meminta Gagah berpikir masak-masak. Gagah ternyata tertarik. Dia kemudian memutuskan pamit dari sekolah formalnya. Kini, dua hari dalam seminggu (Senin dan Rabu), selama dua jam lebih Gagah belajar bersama di komunitas Homeschooling Kak Seto. Selebihnya belajar bersama tutor yang datang ke rumah. Gagah sendiri yang menentukan jadwal dan materi pelajaran. “Ada tutor yang datang ke rumah, seperti les privat, untuk mata pelajaran Fisika, Kimia, dan Matematika. Saya ambil yang tiga kali seminggu. Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia saya usahain belajar sendiri,” kata Gagah. Gagah merasa lebih senang dan cocok dengan sistem itu. “Saya merasa lebih fokus. Kalau ada yang tidak mengerti bisa langsung bertanya ke tutor. Di sekolah lama susah karena satu kelas ada 40 murid dengan satu guru,” kata Gagah, yang pindah ke model sekolah-rumah saat duduk di kelas II SMA. Agus Hasan Hidayat-putra dari anggota Komisi X DPR, Masduki Baedlowi-juga berpindah dari sekolah formal ke sekolah-rumah. “Sejak kelas I saya tidak betah di SMA lama saya di Serpong karena dari SMP yang pindah ke situ cuma saya sendiri. Jadi, sulit menyesuaikan diri. Tadinya mau pindah ke sekolah formal lain, tapi khawatir nanti sama aja,” kata remaja 16 tahun itu. Agus belajar di rumah dengan bantuan guru privat IPA, Matematika, dan Bahasa Inggris. Setiap pelajaran dua jam sehari. Sama seperti Gagah, Agus juga ikut komunitas Homeschooling Kak Seto seminggu dua kali. Agus yang hitungannya baru kelas I SMA belajar bersama dengan murid lain dengan tingkatannya lebih tinggi.
“Belajarnya bareng, kadang ada materi yang belum pernah saya dapatkan di sekolah lama. Agar tidak ketinggalan dari yang lain, saya beli buku dan belajar sendiri di rumah. Bukunya kadang masing-masing anak berbeda. Bisa jadi, saya akan lulus lebih cepat dibandingkan kalau ikut sekolah formal,” katanya. Biayanya sendiri memang lebih mahal dari sekolah lamanya karena mendatangkan guru privat ke rumah dan ikut komunitas. Tutorial di komunitas dikenai Rp 400.000 per bulan. Tapi, Agus merasa cocok dan nyaman dengan model sekolah-rumah. Belajar di sekolah formal dinilai lebih melelahkan secara fisik dan pikiran karena di ruang kelas dari pagi sampai sore. Belum lagi tumpukan pekerjaan rumah. “Saya sekarang lebih banyak membaca buku. Kalau dulu tidak sempat karena keburu capek,” katanya. Terkait pandangan sementara orang bahwa model sekolah-rumah bisa jadi masalah dalam sosialisasi anak, Nano justru tak begitu khawatir. Sebab, katanya, di komunitas terdapat banyak kegiatan dan pengalaman kunjungan ke lapangan. Hubungan putranya dengan keluarga juga lebih baik. Dari segi pembiayaan, bagi Nano, terhitung masih masuk akal dibandingkan dengan sekolah favorit yang memasang harga selangit. Apalagi dengan sistem sekolah-rumah satu anak berhadapan dengan satu mentor. Menurut Munasprianto Rambil, koordinator tutorial Homeschooling Kak Seto, ada berbagai alasan anak berpindah dari sekolah formal ke sekolah-rumah. Sebagian karena pengalaman kurang berkesan, bullying atau diolok-olok teman-temannya, kurang dapat mengikuti pelajaran formal, ritme kehidupan yang berbeda, serta jenuh dengan mata pelajaran dan tumpukan pekerjaan rumah. Akan tetapi, tentu tidak dapat digeneralisasi pengalaman anak di sekolah formal dan tidak dapat dibandingkan mana yang terbaik antara sekolah-rumah dan sekolah formal karena sistemnya memang berbeda. Namun, yang jelas bagi Munasprianto dan Nano sekolah-rumah hadir bukan untuk menandingi sekolah formal.
Di Amerika Serikat, sekitar 1,35 juta anak telah secara resmi mengikuti model sekolah-rumah. Padahal, sekitar 20 tahun lalu model sekolah-rumah di hampir seluruh negara bagian Amerika dianggap “kejahatan”. Itu tak lepas karena kurangnya sosialisasi anak, minimnya muatan kurikulum, dan kurangnya proteksi terhadap anak yang belajar di rumah. Mengutip artikel “The Politics of Homeschooling: New Development, New Challenges” karya Bruce S Cooper dan Jhon Sureau, pakar pendidikan dari Fordham University, AS, awalnya sekolah-rumah hanya dilakukan oleh komunitas tertentu terkait ideologi dan agama. Belakangan, ketidakpuasan secara umum dengan sistem sekolah publik dan gaya hidup ikut berpengaruh. Seiring dengan adanya gerakan sekolah-rumah yang terus bergulir dan komunitas terus membuktikan diri, akhirnya keberadaan sekolah-rumah dapat diterima. Legalitas juga diakui. Di Tanah Air, aktor panggung Nano Riantiarno selaku orangtua mulai melihat sisi positif keberadaan sekolah-rumah. Itu terkait adanya perubahan sikap dalam diri putranya. Kata Nano, “Gagah kini lebih banyak berinisiatif dan komunikatif mengutarakan pendapatnya dan bercerita apa yang dialaminya sehari-hari. Padahal, sebelumnya sangat pendiam….”


Berdasarkan contoh fenomena diatas, saya menyimpulkan bahwa sistem homeschooling merupakan sistem yang tidak punya kurikulum yang dijadi patokan dalam proses belajarnya, melainkan lebih mengutamakan  kemauan individu.Sangat jauh berbeda dengan sekolah formal. Ada juga sistem homeschooling yang memiliki kurikulum dan proses belajarnya terstruktur, tapi menurut saya tetap saja terasa aneh. Karena proses selama kita berada di sekolah formal adalah salah satu media kita untuk mampu berinteraksi dan bersosial dengan orang lain. Seperti pernyataan John Dewey,bahwa anak-anak mestinya duduk diam di kursi mereka dan mendengarkan pelajaran secara pasif dan sopan, bahwa anak-anak akan belajar dengan lebih baik jika mereka aktif, bahwa pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan dan memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya, bahwa anak-anak seharusnya tidak hanya mendapat pelajaran akademik saja, tetapi juga cara untuk berpikir dan beradaptasi dengan dunia di luar sekolah, dan bahwa anak-anak berhak mendapat pendidikan yang selayaknya.


SUMBER :
PSIKOLOGI PENDIDIKAN edisi kedua. John. W. Santrock.
Sumber: Indira Permanasari
(http://www.kompas.com/kompas-cetak/0705/02/PendDN/)
http://ndal.wordpress.com/2007/05/17/fenomena-pendidikan-mereka-ramai-ramai-ke-homeschooling/

PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN GURU

Mengajar orang lain terutama mengajar generasi setelah kita dapat menjadi salah satu profesi yang paling menyenangkan dan menegangkan.
Mengapa dikatakan demikian???

Karena secara langsung maupun tidak langsung kita sudah terikat kontrak dengan status sebagi seorang pendidik, yang mau tidak mau harus selalu mampu menciptakan kreas yang benar-benar kreatif untuk digunakan sebagai metode dalam mendidik.


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (Syah,1997/hal.10)
Pendidikan berasal dari kata “didik”, yang mendapat awal me sehingga menjadi “mendidik” artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntunan, dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau sekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Dengan demikian, psikologi pendidikan dapat diartikan sebagai salah satu cabang psikologi yang  mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan. Secara khusus mengkaji perilaku individu dalam konteks situasi pendidikan dengan tujuan untuk menemukan berbagai fakta, generalisasi dan teori-teori psikologi berkaitan dengan pendidikan, yang diperoleh melalui metode ilmiah tertentu, dalam rangka pencapaian efektivitas proses pendidikan.  Pendidikan memang tidak bisa dilepaskan dari psikologi. Sumbangsih psikologi terhadap pendidikan sangatlah besar. Kegiatan pendidikan, khususnya pada pendidikan formal, seperti pengembangan kurikulum, Proses Belajar Mengajar, sistem evaluasi, dan layanan Bimbingan dan Konseling merupakan beberapa kegiatan utama dalam pendidikan yang di dalamnya tidak bisa dilepaskan dari psikologi. Pendidikan sebagai suatu kegiatan yang di dalamnya melibatkan banyak orang, diantaranya peserta didik, pendidik, adminsitrator, masyarakat dan orang tua peserta didik. Oleh karena itu, agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efisien, maka setiap orang yang terlibat dalam pendidikan tersebut seyogyanya dapat memahami tentang perilaku individu sekaligus dapat menunjukkan perilakunya secara efektif. Guru dalam menjalankan perannya sebagai pembimbing, pendidik dan pelatih bagi para peserta didiknya, tentunya dituntut memahami tentang berbagai aspek perilaku dirinya maupun perilaku orang-orang yang terkait dengan tugasnya,–terutama perilaku peserta didik dengan segala aspeknya–, sehingga dapat menjalankan tugas dan perannya secara efektif, yang pada gilirannya dapat memberikan kontribusi nyata bagi pencapaian tujuan pendidikan di sekolah.
Di sinilah arti penting Psikologi Pendidikan bagi guru. Penguasaan guru tentang psikologi pendidikan merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru, yakni kompetensi pedagogik. Muhibbin Syah (2003) mengatakan bahwa “diantara pengetahuan-pengetahuan yang perlu dikuasai guru dan calon guru adalah pengetahuan psikologi terapan yang erat kaitannya dengan proses belajar mengajar peserta didik”.
Dengan memahami psikologi pendidikan, seorang guru melalui pertimbangan – pertimbangan psikologisnya diharapkan dapat :
1. Merumuskan tujuan pembelajaran secara tepat. 
Dengan memahami psikologi pendidikan yang memadai diharapkan guru akan dapat lebih tepat dalam menentukan bentuk perubahan perilaku yang dikehendaki sebagai tujuan pembelajaran. Misalnya, dengan berusaha mengaplikasikan pemikiran Bloom tentang taksonomi perilaku individu dan mengaitkannya dengan teori-teori perkembangan individu. 
2. Memilih strategi atau metode pembelajaran yang sesuai. 
Dengan memahami psikologi pendidikan yang memadai diharapkan guru dapat menentukan strategi atau metode pembelajaran yang tepat dan sesuai, dan mampu mengaitkannya dengan karakteristik dan keunikan individu, jenis belajar dan gaya belajar dan tingkat perkembangan yang sedang dialami siswanya. 
3. Memberikan bimbingan atau bahkan memberikan konseling. 
Tugas dan peran guru, di samping melaksanakan pembelajaran, juga diharapkan dapat membimbing para siswanya. Dengan memahami psikologi pendidikan, tentunya diharapkan guru dapat memberikan bantuan psikologis secara tepat dan benar, melalui proses hubungan interpersonal yang penuh kehangatan dan keakraban. 
4. Memfasilitasi dan memotivasi belajar peserta didik. 
Memfasilitasi artinya berusaha untuk mengembangkan segenap potensi yang dimiliki siswa, seperti bakat, kecerdasan dan minat. Sedangkan memotivasi dapat diartikan berupaya memberikan dorongan kepada siswa untuk melakukan perbuatan tertentu, khususnya perbuatan belajar. Tanpa pemahaman psikologi pendidikan yang memadai, tampaknya guru akan mengalami kesulitan untuk mewujudkan dirinya sebagai fasilitator maupun motivator belajar siswanya. 
5. Menciptakan iklim belajar yang kondusif. 
Efektivitas pembelajaran membutuhkan adanya iklim belajar yang kondusif. Guru dengan pemahaman psikologi pendidikan yang memadai memungkinkan untuk dapat menciptakan iklim sosio-emosional yang kondusif di dalam kelas, sehingga siswa dapat belajar dengan nyaman dan menyenangkan. 
6, Berinteraksi secara tepat dengan siswanya.
Pemahaman guru tentang psikologi pendidikan memungkinkan untuk terwujudnya interaksi dengan siswa secara lebih bijak, penuh empati dan menjadi sosok yang menyenangkan di hadapan siswanya. 
7. Menilai hasil pembelajaran yang adil. 
Pemahaman guru tentang psikologi pendidikan dapat mambantu guru dalam mengembangkan penilaian pembelajaran siswa yang lebih adil, baik dalam teknis penilaian, pemenuhan prinsip-prinsip penilaian maupun menentukan hasil-hasil penilaian.
 

Gampang-gampang susah untuk menjadi seorang pendidik yang benar-benar untuk mendidik, karena butuh seribu satu cara untuk membuat siasat maupun strategis yang ampuh agar para anak didik merasa nyaman dengan suasana dan proses belajar. Masalah inilah yamg saat ini sedang melanda dunia pendidikan kita, sadis dan sedikit tragis, tapi tetap saja pendidikan yang paling utama memampukan kesejahteraan kehidupan setiap individu. Dan inilah yang menjadi salah satu tugas pokok dan paling penting dari psikologi pendidikan, menciptakan dan menjadikan dunia pendidikan lebih asyik dan bernuansa sehingga adanya komitmen untuk menyajikan psikologi pendidikan sebagai landasan kritis untuk menjadi guru yang kompeten.

SUMBER:
PSIKOLOGI PENDIDIKAN edisi kedua John W.Santrock
PSIKOLOGI PENDIDIKAN edisi keenam Jean Nellis Ormord
http://ilmu-psikologi.blogspot.com/2009/05/pengertian-psikologi-pendidikan.html http://akhmadsudrajat.wordpress.com/2008/02/02/psikologi-pendidikan-dan-guru/





Jumat, 28 Januari 2011

.,.,..*_*.,....,Harus benarbenar siap MENTAL.,.,.

TERKEJUT.,.,.,*_*
saat aku terpilih jadi ketua kelompok PUM 2.,.,.
g kebayang gimana jadinya.,.
jum'at depan harus presentase,.,
blom siap aku .,.,.
humft.,.,.
:(
hanya kemampuan yang didasarkan dengan kepercayaan diri serta keyakinan yang aku andalkan.,.,.
mampukan aku ya TUHAN.,...

I believe in JESUS.,.,.
I can do it.,..
I will do the best.,.,.
GOD IS GOOD ALL THE TIME
GBU

Kamis, 27 Januari 2011

My first blog.,.,.,.^_^.,.,.,.,.,.,

syalom.,.,.
^_^
g nyangka bisa buat blog juga.,.,.
hehehe.,.
penuh perjuangan loh buatnya.,.,.
lebay.com.......
Semester dua sudah seminggu berjalan, terasa sudah betapa beratnya menjadi seorang mahasiswa. Benar-benar di bombardir dengan tugas.,.,. Wah.,.,. mentalku benar-benar terkejut mendegar semua tugas yang diberikan.,.,.,.
Semester satu yang telah kulalui benar-benar sangat berbeda dengan semester dua ini.,.,.
gimana dengan semester tiga, empat, lima dan seterusnya ya.,.,.?????????
bisa-bisa tepar ni.,.,.
hohohoh.,.
lebay.com.,.,.
*_*
belajar untuk menyesuaikan diri dengan teknologi yang semakin canggih aja.,. bingung dan sedikit membuat cemas sich.,.,.takut g mampu aja gthu.,.,takut semakin membuat bingung.,.,.butuh banyak bertanyadengan senior dan berbaur dengan teman-teman yang banyak tahu tentang blog ini.,.,. aku berharap selama berada di PSIKOLOGI, aku menjadi orang yang benar-benar mampu menghadapi dunia luar,.,., karena tuntutan zaman dan dunia semakin meningkat dan memaksa setiap individu untuk mampu menghadapinya.,.,.
terlebih lagi buat para mahasiswa, harus siap terjun ke dunia luar yang menggairahkan.,.,.
mengajak kita berfikir dan menciptakan hasil pemikiran kita untuk memajukan kehidupan yang lebih dari sekarang ini.
hohohho.,.,.
0_o

cukup sekian dech buat posting pertamaku.,.,.
g tw mw buat apa lagi.,.
da buntuh dan mumet.,.,.
GBU.,.,.
PSIKOLOGI...........!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
LUAR BIASA.,.,,,,,,,,,,,,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!