Hem.,.,,.
baru tadi waktu kuliah psikologi pendidikan aku tahu tentang JOHARI WINDOWS,..,,.
baru tadi waktu kuliah psikologi pendidikan aku tahu tentang JOHARI WINDOWS,..,,.
Johari window merupakan sebuah arahan yang memberikan kejelasan tentang bagaimana sebaiknya hubungan komunikasi antara manajer dengan staf atau bawahan. Istilah komunikasi banyak dirujuk kepada perkataan latin, "Communicatio" yang berarti pemberitahuan atau lebih tepatnya tukar pikiran. Communicatio tersebut, selidik demi selidik lebih jauh bersumber pada kata communis yang berarti sama. Maksudnya ialah sama makna. Aksioma kesamaan makna, sebenarnya tidak hanya terjadi antara manusia dengan manusia. Antara hewan dengan hewan pun terjadi komunikasi.
Bahkan antara manusia dengan hewan. Namun Johari Window  tepat tentang manusia dengan manusia. Johari window mempunyai empat jendela atau ruangan tentang bagaimana  sebaiknya manajer berkomunikasi dengan bawahan. Jendela pertama, sebagai  bidang terbuka menunukan bahwa aktifitas seseorang disadari sepenuhnya  oleh yang bersangkutan, juga oleh orang lain. Ini berarti terdapat  keterbukaan atau dengan kata lain tidak ada yang disembunyikan kepada  orang lain. Jendela kedua, merupakan bidang buta yang mendeskripsikan  aktifitas seseorang diketahui oleh orang ain tetapi dirinya sendiri  tidak menyadari apa yang dilakukannya. Jendela ketiga, sebagai bidang  tersembunyi adalah lawan dari jendela kedua yaitu dia menyadari  aktifitasnya namun orang lain tidak dapat mengetahui. Ini berarti orang  seperti demikian bersifat tertutup, ia berpandangan apa yang ia lakukan  tak perlu diketahui orang lain. Sedangkan jendela keempat yang merupakan  bidang tidak dikena mendeskripsikan tingkah aku seseorang tidak  disadari dirinya sendiri dan juga tidak diketahui orang lain. Seorang  manajer yang menyadari pentingnya pengembangan komunikasi dengan bawahan  akan berupaya memperluas jendela pertama. Mengapa demikian? Karena  telah signifikan semakin luas jendela pertama maka semakin terjalin  komunikasi yang sehat, terbuka dan timbal balik. Sikap tersebut, juga  membuat para tenaga kerja merasa diperlakukan sebagai manusia yang  dihargai lantas menimbulkan gairah kerja pada dirinya. Dengan demikian  bagaimana hubungan komunikasi sebaiknya antara manajer dengan staf  maupun bawahan? Terjawablah sudah dengan cara memperluas jendela  pertama. Segarnya udara yang berasal dari jendela terbuka berbeda dengan  segarnya udara yang bersumber dari AC.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar